Blog PJK adalah salah satu kegiatan pada Program Jalinan Kealumnian UMSU. Program CDAC UMSU ini membantu temans alumni yang suka/hobi menulis. Kegiatan blogging adalah bagian dari persiapan karir sebagai penulis, wartawan, copywriter dan karir sejenis.

Kronologis Membuat Judul

Leave a Comment
ShareThis :

Judul merupakan pesan utama terhadap para pembaca dan menjadi kata yang mewakili dari apa yang ingin disampaikan oleh penulisnya. Dalam menentukan judul, tentu ada kronologisnya atau proses beurut.

Memulai sebuah artikel atau posting, tentu harus menentukan dan membuat judul yang semenarik mungkin sehingga minat para pembaca semakin kuat dalam membaca artikel si penulis dan terus menantikan tulisan-tulisan berikutnya dari si penulis. 

secara urutan atau kronologis, judul dibuat dengan mengikuti proses sebagai berikutnya :
  1. Perhatikan ide utama. Ikuti ide utama sebagai proses awal dalam memilih judul. Periksa judul yang pernah dibuat dan jangan lakukan pengulangan judul. 
  2. Hayalkan cerita & coret. Hayalkan apa yang mau ditulis lalu tuliskan dalam coretan di kertas sebanyak 7 sampai 10 kalimat. Jangan langsung terlalu banyak.
  3. Pilih judul. Dari poin 2, ambil kata-kata sebagai judul (baca Formula Dasar Menulis) yang dapat mewakili dari kalimat hasil coretan dari poin 2.
  4. Buat tulisan. Mulai membuat tulisan di buku atau dokumen di komputer. Kembangkan dari proses poin 2
Tentunya dalam membuat judul sebuah artikel harus benar benar sesuai dengan ide utama. dan untuk menandai ide utama, buatlah di akhir tulisan tanda pagar atau hashtag yang diikuti tulisan ide utama tanpa spasi.

Hal lainnya yang juga tidak kalah penting adalah pemilihan kondisi si penulis untuk mulai menulis. Jangan menulis dalam keadaan tidak nyaman atau marah. Lakukan dalam situasi yang happy, enjoy dan rileks sehingga ide-ide dalam tulisan akan lebih mengalir dengan mudah dimana akan menghasilkan tulisan yang mudah dipahami dan bahkan disenangi oleh para pembaca.

Demikian tips ini diberikan untuk menjadi catatan para penulis pemula dalam memulai aktifitas menulis yang menyenangkan.

Happy Blogging ya

#freebloggertraining
#tipsmenulis

0 comments:

Posting Komentar