Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Memenuhi Kebutuhan atau Keinginan ?

Leave a Comment
                                                 

Setiap hari manusia memiliki kebutuhan yang harus di prioritaskan, namun pada sisi lain itu hanyalah bentuk keinginan semata yang didorong kuat oleh keinginan diri sendiri. 

Kebutuhan adalah hal  dasar  yang diperlukan manusia untuk bertahan hidup. Sedangkan keinginan adalah hasrat yang lain saat kebutuhan telah terpenuhi tapi ingin sesuatu yang lebih. 

Mana yang didahulukan, kebutuhan atau keinginan ? 
Keinginan yang ingin dipenuhi secara berlebihan membuat beban dalam pikiran kita. dimana seharusnya kebutuhan lah yang harus di dahulukan.

Sebagai contoh : kamu membeli sepatu, baju mahal padahal stok di lemari masih banyak hingga mengorbankan untuk makan sehari – hari. Akibatnya uang saku atau gaji menipis membuat sisa belanja bulanan hanya bertahan hidup bermodalkan dengan makan Internet (Indomie Telor Kornet). 

Sikap apa saja yang penting untuk memenuhi kebutuhan di bandingkan keinginan : 
1. Sadar dengan Kondisi Keuangan
Ketika kita dalam keadaan keuangan yang tidak stabil, sebaiknya kita sadar dengan kondisi keuangan kita, dari pada harus berhutang sana sini lebih baik kita berhemat.

2. Banyak Bersyukur 
Bersyukur adalah ketika kita merasa cukup, kita mendapatkan sesuatu  dan menikmatinya dan bila kita mau bersyukur atas apa yang telah didapatkan maka Allah akan menambah segala kekurangan dari arah  yang tidak terduga.  

3. Jangan Memaksakan Diri 
Ketika melihat orang lain punya banyak barang yang bagus, biasanya banyak orang  ingin memiliki barang itu juga nah hal itu merupakan hal yang tidak baik karena kita belum tentu secara keuangan mampu membelinya. 

Maka kamu harus mulai mengetahui hal apa yang akan kamu rencanakan kedepannya, mulai dari mendahulukan kebutuhan lalu selebihnya jika keinginanmu itu baik maka lakukanlah namun jangan terlalu berlebihan atau sesuai kapasitas. 

Semoga Bermanfaat Guys !

Happy Reading ~

#keseimbangan 

0 comments:

Posting Komentar