Blog PJK adalah salah satu kegiatan pada Program Jalinan Kealumnian UMSU. Program CDAC UMSU ini membantu temans alumni yang suka/hobi menulis. Kegiatan blogging adalah bagian dari persiapan karir sebagai penulis, wartawan, copywriter dan karir sejenis.

Formula Dasar Menulis

Leave a Comment
ShareThis :

Menulis adalah aktifitas yang asyik dan menyenangkan apalagi sudah mengerti bagaimana cara memulainya. Untuk memulai aktifitas "menulis" tentunya perlu diketahui unsur dasar pada kegiatan tersebut (menulis).

Apa saja formula atau rumus dasar untuk mulai menulis? mari kita perhatikan berikut ini :
  1. Judul. Hal ini wajib adanya. Jangan tiba-tiba sudah langsung tulis aja tanpa ada judulnya. Judul itu ibarat nyawa atau ide utama yang mau disampaikan kepada para pembaca. Untuk membuat judul, perhatikan unsur-unsur dalam memilih judul (tidak lebih dari 3 kata, simple, mewakili ide utama dan tidak bermakna ganda). 
  2. Konten. Setelah judul, maka dituliskan penjelasan judul tadi. Nah kalau judul sudah baik, maka maksud dari judul itu dituangkan dalam tulisan. Menulis sesuai ide utama itu dapat menggunakan sumber/referensi lalu ditulis dengan kata-kata kita sendiri (kata dalam judul sebagai yang mewakili ide utama)
  3. Terstruktur. Dalam membuat konten, struktur harus teratur. Dimulai dari pembuka, bahasan utama dan penutup/kesimpulan.
  4. Efektif & Efisien. Buatlah tulisan se sederhana mungkin dengan tidak bertele-tele atau berputar-putar dan utamakan membuat poin-poin tertentu sebagai penekanan maksud dari judul artikel/posting.
Demikian secara singkat bagaimana rumus dasar menulis yang setidaknya dapat memudahkan para penulis pemula untuk memulai aktifitas menulis. Semoga tulisan ini dapat menjadi tips atau kiat untuk generasi muda yang suka menulis tapi masih bingung bagaimana memulai.

Happy Blogging ya

#freebloggertraining
#tipsmenulis
#cdacclub

0 comments:

Posting Komentar