Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Idealnya Sedekah Ala Rasulullah

Leave a Comment





Sedekah Ala Rasulullah , Wah gimana ya caranya !? 


Memberi adalah sumber kebahagiaan, dan seorang Muslim merasa bahagia jika dapat membahagiakan orang lain dengan apa yang ada pada dirinya. Semakin banyak memberi semakin besar pula yang kamu terima. 


Perintah “bersedekah” adalah anjuran Allah yang  sungguh agung, Allah menganjurkan kita untuk bersedekah tidak terikat dengan waktu dan keadaan seorang hamba. Bersedekah tidak hanya disaat kita berkecukupan (memiliki harta) saja, boleh juga di waktu kita sedang kesulitan (kekurangan harta) pun kita dianjurkan untuk bersedekah.

Rasulullah SAW pernah menegaskan perlunya setiap orang memberi sedekah setiap hari. ''Tiap-tiap jiwa keturunan Adam, tanpa kecuali, harus bersedekah, setiap hari, di mana matahari terbit di dalamnya”.  (berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW) 


Lalu Bagaimana Sedekah yang diterapkan oleh Rasulullah ? 


''Mendengar hadist itu, seorang sahabat yang tak punya apa-apa untuk disedekahkan bertanya, ''Bagi orang semacam kami ini, bagaimana bisa bersedekah? ''Rasulullah menjelaskan, ''Sesungguhnya pintu kebajikan itu banyak sekali : 


1. Mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, tahlil, dengan khidmat dan khusuk adalah sedekah.

2. Mengajak orang kepada yang baik dan melarang dari yang munkar adalah sedekah. 

3. Menyingkirkan sebuah batu dari jalan untuk memudahkan orang lewat adalah sedekah. 

4. Menuntun orang buta menyeberang jalan adalah sedekah. 

5. Memberi petunjuk kepada orang yang bertanya kepadamu adalah sedekah.

6. Memapah orang yang tak berdaya dan mengharapkan bantuan dengan kekuatan dua betismu serta mendukung orang yang lemah dengan kekuatan dua lenganmu adalah sedekah. 

7. Dan senyummu bila berhadapan dengan saudaramu adalah sedekah.'' (HR Bukhari-Muslim). 


Dengan kata-kata yang sederhana dan praktis Rasulullah SAW menjelaskan pengertian sedekah tidak hanya terbatas dalam bentuk materi. Sedekah mengandung makna yang lebih tinggi dan lebih luas daripada sekadar pemberian kepada orang lain yang bersifat materi.

Tidak selamanya sedekah harus berupa benda atau uang. Sedekah memiliki makna yang luas: setiap orang, dalam kondisi apa pun dapat melakukannya. 

Jangan Lupa bersedekah ya teman – teman ! 


Happy Reading ~

#bisnisdalamislam 


0 comments:

Posting Komentar