Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Keahlian Wajib Berkarir di BANK

Leave a Comment

Hei Kawan-Kawan,,,!!! Eh Kita Kawan Gak Sih??? 

Yaaa Kawanlah Kok Cemana Pulak!!!

Apasih karir itu? karir adalah proses perkembangan dan kemajuan yang dilakukan oleh seseorang dalam mencapai suatu tujuan. Mencapai karir yang baik pasti telah melakukan persiapan yang mateng juga ya teman. (sumber : klik disini) 

Namun tak semudah yang di bayangkan untuk mencapai karir yang baik. Kamu harus melakukan persiapan yang baik guna mempermudah kamu untuk meraih cita-cita. Kamu bisa baca di Persiapan Memulai Karir di Perusahaan.

Misalkan kamu ingin berkarir disalah satu perusahaan. Sebut saja perusahaan jasa keuangan atau yang biasa disebut bank. Mari kita kupas terlebihdahulu apa itu bank.

Bank adalah lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit/atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. (sumber : Klik disini)   

Berkakrir  di Bank berarti kamu melakukan suatu proses perkembangan dan kemajuan terhadap capaianmu di perusahaan tersebut (Bank). Karir seperti apa yang kamu inginkan? Tentunya kamu akan menginginkan karir yang baikkan,. Naik jabatan misalnya. Ya semua orang ingin mendapatkannya. 

Bagaimana tidak, naik jabatan tentu saja akan menaikan pendapatan. Seperti pribahasa yang meggambarkan hubungan antara jabatan dan tanggung jawab seseorang “Besar kapal besar pula gelombangnya” maksudnya adalah, ketika semakin besar jabatan seseorang, maka semakin besar pula tanggung jawab yang harus di emban.

Namun tak sampai disitu saja, kamu harus memiliki keahlian yang wajib saat menjadi pegawai di bank yang bisa membuatmu cepat untuk mendapatkan karir yang baik lagi. Apakah kamu sudah berkeinginan secepatnya naik jabatan? Kita sudah melansir beberapa keahlian yang wajib dimiliki seorang pegawai bank dari Lifepal. Kalau begitu mari kita simak keahlian apa saja yang membuat kamu cepat naik jabatan saat bekerja di Bank.

1. Berkomunikasi Dengan Baik
Hal paling dasar yang harus dimiliki seorang pegawai bank adalah kemampuan berkomunikasi yang baik. Tak hanya penggunaan kata yang sopan dan benar saja namun ada aspek yang harus kamu kuasai seperti posisi berdiri dan raut wajah saat menghadapi orang banyak. 
Komunikasi adalah proses penyampaian informasi atau pesan oleh seorang komunikator (penyampai pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui sarana tertentu dengan tujuan dan dampak tertentu pula. 

komunikasi terbagi menjadi dua yaitu komunikasi verbal dan non verbal.

Komunikasi lisan atau verbal, misalnya percakapan dua orang, secara langsung maupun lewat telepon atau jaringan internet. Namun begitu kamu harus berbicara dengan bahasa  yang sopan, dan dengan nada yang lembut. Kamu bisa tegur sapa dengan orang sekelilingmu saat bekerja. Apalagi kalau ada si Bos lewat, kamu bisa sesekali untuk menanyakan kabarnya sambil tersenyum. "Selamat pagi Pak, apa kabar?"

Komunikasi tertulis atau nonverbal, misalnya surat menyurat, pengiriman faks, atau percakapan melalui aplikasi chat seperti Whatsapp. Eits tunggu dulu, walaupun di zaman sekarang sudah serba mudah, namun kamu harus lihat waktu yang tepat mengirim pesan kepada nasabahmu terutama ke atasanmu. Waktu yang baik mengirim pesan itu adalah di waktu jam kerja berkisar dari pukul 07.30 – 12.00 dan 13.30 – 16.00. Jangan mengirim pesan terlarut malam ya hehe bisa-bisa kamu kena omelin sama si Bos karena mengganggu jam istirahatnya.

2. Tingkat Analisis yang Tinggi
Setelah kamu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, yang dibutuhkan selanjutnya adalah kemampuan tingkat analisis yang tinggi. Semakin sering kamu mencoba dan terus melatihnya, maka kemampuan kamu akan terus terus bertambah baik dalam hal ilmu maupun pengalaman dalam menyelesaikan sesuatu. 

Misalkan kamu sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan yang penting seperti mengurus kredit, mungkin itu sedikit sulit bagi kamu yang baru pertama kali mengerjakannya. Teruslah mencoba dan berlatih untuk mengulangnya agar kamu lebih mudah dalam mengerjakannya. Sebab kemampuan analisis yang tinggi sangat berguna disetiap jenis pekerjaan. 

Apalagi ini pekerjaan yang berurusan dengan keuangan kalau salah sedikit saja bisa mengakibatkan kerugian yang pada akhirnya membebankan pihak tempat kamu bekerja.

Maka dari itu, mulailah untuk mengasah kemampuanmu sobat dengan cara mempelajari atau mengulang hasil kerjamu. Karena dengan begitu kamu akan terbiasa untuk melatih otakmu untuk berpikir bagaimana menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik.

3. Detail Terhadap Hal yang Kecil
Cobalah untuk sedetail mungkin saat bekerja, apalagi kalau kamu seorang pegawai bank yang sangat dekat hubungannya dengan uang maka kamu harus memiliki ketelitian yang lebih daripada pekerjaan lain. Meski saat ini teknologi sudah maju, namun sering terjadi kesalahan yang mengakibat kerugian disalah satu pihak. Untuk menghindari hal tersebut kamu bisa mengerjakannya dengan berhati-hati dan kamu harus sabar ya untuk mengulangnya beberapa kali untuk memastikan tidak ada kesalahan sekecil apapun itu.

Misalnya kamu memasukkan data keuangan, ketika selesai mengerjakan coba perhatikan kembali hasil kerjamu. Perhatikan sedetail mungkin angka yang terdapat pada data itu, jangan sampai kurang maupun berlebih ya. Kalau angka berlebih, siap - siap kamu akan kebingungan untuk menutupi kekurangan dari hasil yang didapat. kalau angkanya kurang sudah pasti hasilnya akan berlebih dan yang lebih itu bukan milik kamu juga loh hehe.

Intinya, jangan terlau anggap sepele terhadap apapun yang bisa mengakibatkan kerugian disalah satu pihak ya. Ketelitian terhadap hal-hal yang kecil akan membuat kamu menjadi orang yang berkepribadian baik pula. Mengapa tidak, dengan ketelitian tersebut kamu bisa mengurangi resiko kesalahan yang ada.

Reisko kesalahan itu akan tertutupi dengan ketelitian yang baik. Semua orang akan kagum terhadap kinerja yang kamu lakukan. Ya tak dipungkiri si Bos juga akan senang sekali punya pegawai sepertimu.

4. Kerja Cepat, Kerja Cerdas
Tugas seorang pegawai bank itu tidak sedikit loh, kamu harus bisa cekatan namun juga jangan terlalu terburu-buru dan kamu harus kerja cerdas yang berarti fokus kepada hal yang benar-benar penting. Kita harus menelaah pekerjaan sehari-hari, mengetahui mana yang menjadi prioritas dan yang harus didelegasikan kepada orang lain.

Kerja adalah sesuatu aktivitas sengaja yang dilakukan oleh seseorang sebagai profesi agar mendapatkan penghasilang. Kerja cepat adalah melakukan semua pekerjaan secara cepat tanpa melihat mana yang harus diprioritaskan. Sedangkan kerja cerdas adalah melakukan pekerjaan dengan cara melihat terlebih dahulu mana yang harus diprioritaskan untuk diselesaikan. 

Kamu bisa melakuan contoh kecil seperti yang dibawah ini

Ketika kamu mendapatkan banyak tugas yang harus diselesaikan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melihat dan bisa juga bertanya kapada yang meberikan tugas kapan harus selesai dikerjakan. Lalu kamu bisa membuatnya kedalam list agar pekerjaan kamu lebih terasa teratur dan lebih mudah dilihat mana yang sudah selesai. 

5. Multitasking 
Sebagai seorang pegawai bank, pastinya harus memiliki kecepatan bekerja yang baik. Kamu harus mencoba untuk memahami banyak hal dalam pekerjaan dan bisa mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan. Mungkin sulit bagi yang baru memulai namun kamu harus melakukannya sedikit-demi sedikit.

Melakukan satu pekerjaan terlebih dahulu akan membuat kita fokus terhadap tugas yang diberikan, namun kamu harus mencoba hal yang kecil untuk bisa mengerjkan tugas secara bersamaan. Misalkan menerima panggilan telepon sekaligus mengirimkan pesan via email atau bisa mendengarkan sambil mencari referensi yang ingin dipertanyakan atau di interupsi.

Namun jangan terlalu berlebihan ya untuk menjadi seorang yang multitasking karena bisa berdampak negatif terhadap kinerjamu. Multitasking yang berlebihan, bisa membuat fokus kamu berkurang loh! 

Pasti kamu bisa kok menjadi pegawai yang multitasking. Caranya kamu hanya perlu membiasakan diri untuk melakukan hal kecil secara bersamaan seperti yang sudah dibahas diatas guna meningkatkan kecepatan kamu dalam bekerja.

pada masa seperti ini, kamu memang harus di tuntut untuk bisa memiliki beberapa keahlian. Bagaimana tidak, dengan kemampuan yang lebih, kamu akan lebih mudah untuk memiliki karir yang baik, naik jabatan misalnya atau hal lain seperti naik gaji. Cobalah dari sekarang untuk mempersiapkan apa saja yang bisa membuatmu untuk mendapatkan karir yang baik.

#karirdanbisnis

0 comments:

Posting Komentar