Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Keahlian Wajib Berkarir di BANK

Leave a Comment

Hei Kawan-Kawan,,,!!! Eh Kita Kawan Gak Sih??? 

Yaaa Kawanlah Kok Cemana Pulak!!!

Apasih karir itu? karir adalah proses perkembangan dan kemajuan yang dilakukan oleh seseorang dalam mencapai suatu tujuan. Mencapai karir yang baik pasti telah melakukan persiapan yang mateng juga ya teman. (sumber : klik disini) 

Namun tak semudah yang di bayangkan untuk mencapai karir yang baik. Kamu harus melakukan persiapan yang baik guna mempermudah kamu untuk meraih cita-cita. Kamu bisa baca di Persiapan Memulai Karir di Perusahaan.

Misalkan kamu ingin berkarir disalah satu perusahaan. Sebut saja perusahaan jasa keuangan atau yang biasa disebut bank. Mari kita kupas terlebihdahulu apa itu bank.

Bank adalah lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit/atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. (sumber : Klik disini)   

Berkakrir  di Bank berarti kamu melakukan suatu proses perkembangan dan kemajuan terhadap capaianmu di perusahaan tersebut (Bank). Karir seperti apa yang kamu inginkan? Tentunya kamu akan menginginkan karir yang baikkan,. Naik jabatan misalnya. Ya semua orang ingin mendapatkannya. 

Bagaimana tidak, naik jabatan tentu saja akan menaikan pendapatan. Seperti pribahasa yang meggambarkan hubungan antara jabatan dan tanggung jawab seseorang “Besar kapal besar pula gelombangnya” maksudnya adalah, ketika semakin besar jabatan seseorang, maka semakin besar pula tanggung jawab yang harus di emban.

Namun tak sampai disitu saja, kamu harus memiliki keahlian yang wajib saat menjadi pegawai di bank yang bisa membuatmu cepat untuk mendapatkan karir yang baik lagi. Apakah kamu sudah berkeinginan secepatnya naik jabatan? Kita sudah melansir beberapa keahlian yang wajib dimiliki seorang pegawai bank dari Lifepal. Kalau begitu mari kita simak keahlian apa saja yang membuat kamu cepat naik jabatan saat bekerja di Bank.

1. Berkomunikasi Dengan Baik
Hal paling dasar yang harus dimiliki seorang pegawai bank adalah kemampuan berkomunikasi yang baik. Tak hanya penggunaan kata yang sopan dan benar saja namun ada aspek yang harus kamu kuasai seperti posisi berdiri dan raut wajah saat menghadapi orang banyak. 
Komunikasi adalah proses penyampaian informasi atau pesan oleh seorang komunikator (penyampai pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui sarana tertentu dengan tujuan dan dampak tertentu pula. 

komunikasi terbagi menjadi dua yaitu komunikasi verbal dan non verbal.

Komunikasi lisan atau verbal, misalnya percakapan dua orang, secara langsung maupun lewat telepon atau jaringan internet. Namun begitu kamu harus berbicara dengan bahasa  yang sopan, dan dengan nada yang lembut. Kamu bisa tegur sapa dengan orang sekelilingmu saat bekerja. Apalagi kalau ada si Bos lewat, kamu bisa sesekali untuk menanyakan kabarnya sambil tersenyum.

Komunikasi tertulis atau nonverbal, misalnya surat menyurat, pengiriman faks, atau percakapan melalui aplikasi chat seperti Whatsapp. Eits tunggu dulu, walaupun di zaman sekarang sudah serba mudah, namun kamu harus lihat waktu yang tepat mengirim pesan kepada nasabahmu terutama ke atasanmu. Waktu yang baik mengirim pesan itu adalah di waktu jam kerja berkisar dari pukul 07.30 – 12.00 dan 13.30 – 16.00. Jangan mengirim pesan terlarut malam ya hehe bisa-bisa kamu kena omelin sama si Bos karena mengganggu jam istirahatnya.

2. Tingkat Analisis yang Tinggi
Ketika kamu sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan yang penting seperti mengurus kredit, kemampuan analisis yang tinggi sangat berguna. Sebab, kalau salah sedikit saja bisa mengakibatkan kerugian yang pada akhirnya membebankan pihak tempat kamu bekerja.

3. Detail Terhadap Hal yang Kecil
Cobalah untuk sedetail mungkin saat bekerja, apalagi kalau kamu seorang pegawai bank yang sangat dekat hubungannya dengan uang maka kamu harus memiliki ketelitian yang lebih daripada pekerjaan lain. Meski saat ini teknologi sudah maju, namun sering terjadi kesalahan yang mengakibat kerugian disalah satu pihak. Untuk menghindari hal tersebut kamu bisa mengerjakannya dengan berhati-hati dan kamu harus sabar ya untuk mengulangnya beberapa kali untuk memastikan tidak ada kesalahan sekecil apapun itu.

Misalnya kamu memasukkan data keuangan, ketika selesai mengerjakan coba perhatikan kembali hasil kerjamu. Perhatikan sedetail mungkin angka yang terdapat pada data itu, jangan sampai kurang maupun berlebih ya. Kalau angka berlebih, siap - siap kamu akan kebingungan untuk menutupi kekurangan dari hasil yang didapat. kalau angkanya kurang sudah pasti hasilnya akan berlebih dan yang lebih itu bukan milik kamu juga loh hehe.

4. Kerja Cepat, Kerja Cerdas
Tugas seorang pegawai bank itu tidak sedikit loh, kamu harus bisa cekatan namun juga jangan terlalu terburu-buru dan kamu harus kerja cerdas yang berarti fokus kepada hal-hal yang benar penting. Kita harus menelaah pekerjaan sehari-hari, mengetahui mana yang menjadi prioritas dan yang harus didelegasikan kepada orang lain.

5. Multitasking 
Sebagai seorang pegawai bank, baiknya kamu jangan terpaku hanya satu keahlian saja. Coba untuk memahami banyak hal dalam pekerjaan. Kamu harus bisa mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan. Mungkin sulit bagi yang baru memulai namun kamu harus melakukannya sedikit-demi sedikit.

pada masa seperti ini, kamu memang harus di tuntut untuk bisa memiliki beberapa keahlian. Bagaimana tidak, dengan kemampuan yang lebih, kamu akan lebih mudah untuk memiliki karir yang baik, naik jabatan misalnya atau hal lain seperti naik gaji. Cobalah dari sekarang untuk mempersiapkan apa saja yang bisa membuatmu untuk mendapatkan karir yang baik.

0 comments:

Posting Komentar