Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Karakteristik menjadi Kewirausahaan

Leave a Comment





Kalian pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata “Kewirausahaan”.



Apa sih pengertian kewirausahaan itu ? 

Kewirausahaan berasal dari kata WIRA dan USAHA. Adapun arti dari kata WIRA adalah pahlawan, berbudi luhur, pejuang, manusia unggul, pahlawan, berwatak agung, teladan, gagah dan berani dan lain sebagainya. Sedangkan USAHA  adalah perbuatan bekerja, beramal atau melakukan sesuatu hal. 

Secara umum pengertian Entrepreneurship (Kewirausahaan) adalah proses kegiatan kreativitas dan inovasi yang  menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber-sumber yang ada untuk menghasilkan nilai tambah bagi diri sendiri dan orang lain dengan memulai bisnis yang ingin dicapai.  Selengkap nya klik disini


Menjadi wirausaha tentunya memiliki karakter atau ciri khas yang nantinya akan membuat orang lain lebih muda tertarik dengan apa yang kita lakukan. kenapa sih seorang wirausaha perlu memiliki karakterisitik ? sebelum nya kita bahas dulu yuk pengertian dari karakteristik !

Karakteristik adalah bentuk penggambaran dan ciri seseorang ataupun suatu benda yang dapat digambar kan baik secara verbal(lisan) maupun diungkapkan melalui tulisan /nonverbal karakteristik juga termasuk didalamnya ciri/sifat seseorang yang mampu ditonjolkan dan ciri khas dari benda ataupun orang tersebut.  



Jadi karakteristik yang ada pada diri kamu bisa menjadi nilai tambah buat kamu loh, dalam berwirausaha seseorang perlu memiliki keunggulan pada dirinya yang nantinya akan menjadi daya tarik bagi orang lain. 


Lalu karakteristik apa saja yang harus dimiliki oleh seorang wirausahaan ? 

Unsur sikap dan karakteristik yang wajib dimiliki oleh seorang wirausahaan adalah :


- Memiliki Kreatifitas yang Tinggi 

Kreatif secara etimologi berasal dari bahasa Inggris to create yang berarti membuat atau menciptakan. Dengan demikian, kreatif dapat dimaknai menciptakan suatu ide atau konsep dalam memecahkan suatu permasalahan.yang sederhana namun bisa menjadi sebuah karya yang baik dan dapat dikenal. dan memiliki ide-ide bagus yang memungkinkannya menciptakan produk atau jasa yang banyak diminati. 

Misalnya kamu ingin membuat dimsum, seperti yang sedang viral saat ini adalah dimsum ayam,udang,kepiting dan rumput laut, buatlah kreatifitas dengan membuat dimsum ikan yang akan menjadi peluang baru bagi kamu, terutama cocok dengan seseorang yang menyukai ikan. Karena pada dasarnya dimsum adalah makanan favorit yang disukali kalangan usia dari mulai anak - anak sampai orang dewasa. 


- Komitmen dalam Pekerjaan

Eits ternyata bukan hanya dalam sebuah hubungan asmara loh kita harus memiliki jiwa komitmen, dalam berwirausaha juga penting! Seorang wirausaha harus memiliki jiwa komitmen.  nah Komitmen merupakan suatu karakter yang memegang teguh prinsip yang telah disepakati. Pada umumnya orang akan memilih dengan siapa mereka bekerja sama, diantaranya adalah dengan orang yang berkomitmen dalam usahanya dan tekad yang bulat didalam mencurahkan semua perhatianya pada usaha yang akan digelutinya. Jadi bagi kamu yang ingin beriwrausaha harus berkomitmen ya dengan usaha tersebut.

Dalam suatu ketika kamu dihadapi dengan beberapa pilihan antara pekerjaan dengan jadwal kamu berkumpul bersama dengan kawan - kawan, mana nih yang kamu pilih? dalam bekerja kamu harus memiliki keteguhan prinsip, ya sudah pasti kamu harus bisa menyelesaikan pekerjaan kamu terlebih dahulu ya! dengan demikian, kamu akan mencapai tujuan dengan baik dalam pekerjaan karena mempriotaskan dan berkomitmen untuk menyelesaikannya. 


- Mandiri atau Tidak Bergantung kepada Orang Lain  

Mandiri adalah karakter atau sikap dan perilaku yang tidak mudah bergantung kepada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas dan membuka usaha baru. memaksimalkan dengan kemampuan yang ada pada diri kamu. Sebagai contoh, kawan - kawan ingin membuka usaha, kamu sudah menabung modal untuk membuka usaha tersebut , walaupun dari hal kecil kamu sudah mandiri loh, karena sudah berani memulai usaha dengan modal dari diri kamu sendiri tanpa ada pinjaman dari pihak mana pun. 


- Selalu Mencari Peluang 

Peluang adalah sebuah kesempatan yang harus dan bisa dimanfaatkan oleh seorang pemilik bisnis atau wirausaha demi mendapatkan suatu tujuan tertentu yang diinginkan. Dalam setiap kesempatan kamu harus mencari suatu hal yang dapat membuat kamu berkembang dengan bisnis yang sudah kamu lakukan, mengetahui apa yang diinginkan masyarakat. 

Contohnya kamu memiliki hobi sebagai pelukis maka kamu harus bisa menjadikan itu sebagai peluang yang dapat menjadi pameran lukisan ataupun bisa menjadikan wadah (tempat) untuk orang lain yang ingin belajar melukis juga. 



Nah jadi jangan ragu untuk memulai berwirausaha karena kamu dan kita semua memiliki kreatifitas, peluang dan kesempatan yang berbeda – beda dengan dapat dikembangkan dari sebuah wirausaha. Jadi apakah kamu sudah memiliki usaha? Atau baru akan memulai? Yuk bagi cerita kamu di kolom komentar yang ada dibawah ya ! :D 


Happy Reading ~

#karirdanbisnis 





0 comments:

Posting Komentar