Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Mengembangkan Potensi Diri

Leave a Comment
Hei Kawan-Kawan,,,!!! Eh Kita Kawan Gak Sih??? 
Yaaa Kawanlah Kok Cemana Pulak!!!

Kalian sependapat tidak, kalau semua orang memiliki potensi masing-masing yang dibawanya sejak lahir? Potensi diri yang kamu punya akan bermanfaat, apabila kamu melakukan suatu usaha dengan kerja keras.

Kita cari tau dulu ya kawan, potensi diri itu apa 😀

Potensi diri adalah kemampuan seseorang yang belum dilakukan atau dipraktikkan. Dalam arti kata bahwa kemampuan itu masih terpendam (tersembunyi) dan belum tertuangkan dalam perilaku, perbuatan maupun aksi. 

Potensi menurut Wiyono (2006:37) yaitu kemampuan dasar dari sesuatu yang masih terpendam didalamnya yang menunggu untuk diwujudkan menjadi sesuatu kekuatan nyata dalam diri sesuatu tersebut. (sumber : baca disini)

Jika potensi ini tidak kembangkan dengan baik, maka potensi itu akan sia-sia begitu saja karena hanya terpendam dalam diri.

Bagaimana caranya mengembangkan potensi diri? Yuk kita simak :

1. Kenali Diri Lebih Dalam
Coba untuk mengenali diri kamu lebih dalam. Cari apa yang paling kamu suka dan kamu nyaman, yang tidak membuatmu cepat merasa bosan. Lihat seberapa mampu dirimu dalam memecahkan sebuah masalah tanpa meniru kemampuan yang dimiliki oleh seseorang.

2. Merumuskan Tujuan Hidup
Dengan adanya tujuan hidup, maka kamu akan lebih mudah dalam menyusn strategi jitu untuk memperoleh hasil yang maksimal tanpa membutuhkan waktu yang lama.

3. Menguatkan Niat
Niat adalah hal yang paling utama dalan melakukan sesuatu kegiatan atau pekerjaan. Jika niatmu kuat, maka kamu akan lebih bersungguh-sungguh untuk meraih hasil yang terbaik.

4. Menerima Kritikan 
Setiap manusia pasti memiliki kesalahan, tak ada manusia yang sempurna. Jika kamu ingin menjadi orang yang maju, maka terimalah sebuah ktitikan yang datang kepadamu. Jadikan kritikan itu sebagai motivasimu untuk menjadi lebih baik. Jangan sampai kamu down ketika mendapatkan kritikan.

5. Buang Pikiran Negatif
Pikiran negatif hanya akan membuatmu semakin takut untuk mencoba hal yang positif. Buang pikiran negatif itu dan selalu berpikir positif agar kamu selalu yakin dengan apa yang kamu miliki saat ini.

6. Berada di Lingkungan Positif 
Ketika kamu ingin selalu berpikir positif, maka kamu harus berada di lingkungan yang positif pula. Lingkungan sangat berpengaruh dalam membentuk pola pikir yang positif. Pilihlah teman yang bisa membuatmu semangat atau termotivasi untuk membangun potensi yang kamu miliki.

7. Coba Hal Baru dan Selalu Optimis 
Jangan ragu ketika ingin mencoba hal yang baru, apa bila kamu ingin mengembangkan potensi diri. Kemungkinan besar hal baru tersebut adalah potensi terbesar kamu. Selalu optimis degan apa yang kamu lakukan. Dengan sikap optimis, kamu akan lebih terdorong untuk bersemangat dalam mencapai tujuan hidup yang kamu inginkan. (sumber : baca disini)


Jangan pernah berpikir bahwa kamu tidak memiliki potensi. Pada hakikatnya manusia diciptakan memiliki potensi sejak lahirnya. Selalu optimis dengan apa yang kamu lakukan saat mencari hal yang baru demi menemukan potensi terbesar pada dirimu. Jika kamu telah menemukan potensi pada dirimu, beranilah untuk mengekspresikannya, agar orang-orang tau siapa dirimu yang sebenarnya.

#personalbranding

IAM

0 comments:

Posting Komentar