Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Idealnya seorang Pemimpin

Leave a Comment
Hei Kawan-Kawan,,,!!! Eh Kita Kawan Gak Sih??? 
Yaaa Kawanlah Kok Cemana Pulak!!!

Pemimpin adalah orang yang mengemban tugas  dan bertanggung jawab untuk menakhodai suatu lemabaga maupun perusahaan dan mampu memberikan pengaruh terhadap orang-orang yang dipimpinnya. Menurut  Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan “Pemimpin adalah seseorang dengan wewenang kepemimpinannya mengarahkan bawahannya untuk mengerjakan sebagian dari pekerjaannya dalam mencapai tujuan.” 

Siapapun berhak berkesempatan untuk menjadi seorang pemimpin. Namun, menjadi seorang pemimpin bukanlah perkara hal yang mudah. Ketika kamu ingin menjadi seorang pemimpin atau memilih seseoarang menjadi pemimpin, alangkah baiknya kalau kamu harus pahami ini terlebih dahulu agar kamu disenangi para anggotamu.

1. Jadilah Role Model yang Baik
Ketika kamu menjadi seorang pemimpin, segala perlakuan kamu akan menentukan anggotamu bersikap. Maka dari itu kamu harus menunjukan sikap yang baik kapada anggotamu.

2.    Pemimpin Bukan Bos
Kamu harus membedakan pemimpin dengan bos. Pemimpin adalah ia yang yang memiliki sikap kerendahan hati. Ketika memberi tugas, kamu juga harus memberi arahan dan mengajak anggotamu untuk berdiskusi. Terimalah kritikan dan saran untuk kemajuan kelompok. 

Sedangkan bos adalah yang tidak mau tau tentang anggotanya. Sikap acuh tak acuh, merasa diri paling hebat, paling tinggi. Hindari pemikiran seperti ini kalau kamu tidak ingin dibenci oleh anggotamu.

3. Pandai Mengelola Emosi
Ketika kamu dalam tekanan yang berat, jangan coba-coba untuk meluapkan emosimu terhadap anggotamu. Pandailah dalam mengatur emosi dengan cara mencoba untuk rileks dan bersantai lalu sesekali lakukan candaan terhadap anggotamu untuk meredam emosimu.

4.     Konsisten
Segala tindakan atau ucapanmu yang telah kamu utarakan handaklah kamu tepati dan tak berubah dengan semena-mena. Konsisten dalam mengambil keputusan dan mengambil tindakan.

5. Berani Mengakui Kesalahan
Sebagai mahkluk sosial,tak ada yang luput dari kesalahan. Sebagai pemimpin jangan malu untuk mengakui kesalahan hanya karena gengsi belaka. Jika kamu ingin disebut sebagai pemimpin idaman baiknya kamu hindari sifat gengsi untuk mengakui kesalahan.

Apabila kamu bisa  memiliki 5 kriteria yang di atas, kamu akan menjadi salah satu pemimpin idaman yang ideal. Semua anggotamu akan senang bekerja menerima arahanmu. Semua tindakan dan perlakuanmu akan ditiru oleh rekan atau anggotamu. Kamu akan mendapatkan hasil yang baik, jika gaya kepemimpinanmu baik, begitu pula sebaliknya.

happy reading 😉
#keseimbangan


IAM

0 comments:

Posting Komentar