Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Memahami Target Pasar

Leave a Comment

Teman – teman kalian sudah punya usaha belum ? atau baru akan memulai ? 
Hal pertama yang harus kamu pikirkan saat memulai usaha adalah menentukan target pasar. Target Pasar adalah orang yang akan dijadikan sasaran perusahaan terkait produk yang akan dijual. penentuan target pasar ini disesuaikan dengan usia, karakter, tingkat pendidikan, dan lain sebagainya.

Jika perusahaan memiliki target audiens, tentu pembuatan produk/jasa akan sesuai dengan keinginan masyarakat yang dipilih. Karena pastinya sebelum target ditentukan, pihak perusahaan sudah mempelajari terlebih dahulu apa saja kebutuhan masyarakat sekaligus bagaimana daya belinya.

Yuk kita kenali lebih luas bagaimana penentuan target pasar , yaitu : 

1. Mengenali Profil Pelanggan
Sebelum membuat suatu produk lihatlah siapa yang akan menjadi target pasar kamu, seperti mengetahui produk yang banyak di inginkan pelanggan, dengan mengenali siapa pelanggan kamu, maka akan mempermudah dalam menentukan harga, kualitas, fungsi atau kegunaan barang tersebut, dan lain sebagainya. 

2. Lihatlah Siapa Pesaing Kamu
Dalam berbisnis tentunya kamu akan memiliki pesaing, Setelah mengetahui siapa pesaing kamu, cari tau apa kekuatan mereka dan kelemahan mereka pada suatu produk, bagaimana mereka membuat produk tersebut, fasilitas yang baik kepada konsumen, lokasi yang strategis dan hal lain sebagainya, yang nantinya akan menjadi bahan evaluasi bagi usaha yang sudah kamu jalankan. 

3. Analisis Produk / Layanan Kamu 
Sebelum memperkenalkan produk kamu kepada konsumen, buatlah daftar produk yang akan dipasarkan, manfaat produk tersebut dan alasan mengapa kamu memilih membuat produk itu. Hal ini akan mempermudah orang lain mengenali produk yang kamu buat dan mengetahui ciri khas dari produk tersebut.

Setelah mengetahui target pasar kamu, maka akan mempermudah untuk mengetahui media mana yang dapat kamu gunakan untuk menjangkau pemesanan yang akan dilakukan oleh konsumen, Ingat ya teman – teman, target pasar yang kamu pilih sesuai dengan usia, karakter, tingkat pendidikan, dan lain sebagainya.

Happy Reading ~
#keseimbangan  


0 comments:

Posting Komentar