Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Umur bukan Penentu Kedewasaan

Leave a Comment

Teman – teman sering tidak mendengar? ketika kita umur kita sudah beranjak 17 tahun alias sweet seventeen, apa sudah dikatakan dewasa ? yuk kita simak penjelasannya !

Kedewasaan yaitu  sifat kepribadian seseorang, baik dalam tingkah laku, perbuatan dan pola pikir yang lebih bijak. Dan kedewasaan mempengaruhi perkembangan seseorang dalam kehidupannya. 

Tapi benarkah kedewasaan itu diukur dari umur? Kenyataan yang dilihat adalah banyak orang yang berusia lebih tua, tapi justru bertingkah kekanak-kanakan. Atau sebaliknya seroang remaja belasan tahun justru bisa bersikap bijak layaknya orang yang berusia lebih tua. 

Beberapa tanda – tanda kalau kamu sudah dewasa : 

1. Mengucapkan kata Maaf , Tolong dan Terima Kasih 
Tiga kata di atas merupakan hal yang sederhana bukan? sering kali dari kita melupakan hal – hal yang sebenarnya penting untuk diucapkan. Sebagai tanda bahwa kamu telah dewasa adalah kamu bisa mensyukuri apa yang telah kamu dapatkan dan tidak melupakan pemberian orang lain. 


2. Menerima kritikan dengan Lapang Dada 
Jika kita marah atau bahkan tidak terima ketika dikritik oleh orang lain, itu tandanya kamu masih egois dan tidak mau menerima jika ada kekurangan di diri kamu. Sebaliknya, jika kamu bisa menerima kritikan dengan lapang dada, menjadikan kritikan tersebut sebagai bahan introspeksi diri, dan bisa berubah menjadi seseorang yang lebih baik dengan kritikan tersebut, sudah bisa dipastikan jika kalian adalah orang yang dewasa.


3. Tidak suka Berdebat 
Seringnya dari kita berselisih paham dalam berpendapat. Ternyata orang yang dewasa itu tidak suka ribet lho guys, ini menandakan bahwa kamu tidak mau ambil pusing dengan masalah yang ada, namun kamu akan mencari jalan keluar yang tetap pada tujuan bersama. 


4. Berteman dengan siapa saja 
Ketika kamu sudah memiliki banyak teman dan tidak memilih dengan siapa kamu berteman itu menandakan bahwa kamu memiliki sifat yang humble, karena bagi kamu setiap orang memiliki kelebihan tersendiri yang bisa kamu ajak berteman atau bertukar pikiran. 


Intinya, kedewasaan tidak dilihat dari umurnya, melainkan dari sikap dan cara berpikirnya. Yang paling mudah dilihat adalah bagaimana cara kita memperlakukan orang lain serta bagaimana cara ia berbicara. “Tua itu pasti, kedewasaan itu pilihan”. 


Happy Reading ~ 

#mindset

0 comments:

Posting Komentar