Blog PJK adalah salah satu kegiatan pada Program Jalinan Kealumnian UMSU. Program CDAC UMSU ini membantu temans alumni yang suka/hobi menulis. Kegiatan blogging adalah bagian dari persiapan karir sebagai penulis, wartawan, copywriter dan karir sejenis.

Kriteria Dasar Artikel

Leave a Comment
ShareThis :

Dalam penulisan sebuah artikel secara umum termasuk di blog tentunya harus memenuhi ketentuan atau kriteria dasar dalam aturan menulis sehingga artikel atau tulisan tersebut dapat dengan mudah diterima oleh para pembaca atau viewers.

Kriteria atau acuan dasar dalam menilai sebuah artikel merupakan faktor penting yang harus ada pada setiap artikel / tulisan yang sengaja diniatkan untuk ditampilkan secara umum, baik melalui media cetak ataupun daring (online).

Setidaknya ada dua kriteria/ketentuan dasar dalam menilai sebuah artikel, yaitu :
  1. Struktur. Memenuhi unsur dari struktur yang standar, yaitu terdapat judul, pembuka, isi dan penutup. Pada bagian isi terdapat poin-poin yang menjadi bahasan utama pada artikel sesuai dengan judul dan ide utama.
  2. Konten. Adanya keterkaitan antara judul dengan semua unsur pada struktur yang terdapat pada artikel, termasuk poin-poin pada bagian isi dari artikel.

Dua kriteria diatas tentu sebagai acuan dasar khususnya bagi penulis pemula. Jika telah meningkat kemampuan dalam menulis, tentu dapat ditambahkan lagi kriteria lainnya sehingga semakin mempertegas ciri atau karakter si penulis dalam menuangkan ide-ide cemerlang dalam tulisannya.

Demikian tips dalam memudahkan proses menulis. Semoga bermanfaat khususnya bagi orang-orang yang berminat dalam menulis atau blogging tapi bingung dalam memulainya.

Happy blogging ya.

#freebloggertraining
#tipsmenulis


0 comments:

Posting Komentar