Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Tips mengenali Personal Branding yang perlu kamu ketahui !

Leave a Comment




Sudahkah kamu memiliki personal branding yang baik?

Kata ‘brand’ saat ini tidak hanya mengacu kepada suatu perusahaan saja, melainkan setiap individu memiliki ‘brand pribadi’ untuk diri kita sendiri atau biasa kita sebut sebagai personal branding. Personal Branding merupakan jati diri seseorang , bagaimana orang lain yang akan memberikan penilaian terhadap sikap seseorang atau disebut dengan ciri khas. 


Setiap orang memiliki ciri serta karakter yang berbeda satu sama lain, bagaimana cara membedakannya? Kita sendiri harus tahu, mau seperti apa diri kita dikenal oleh orang lain, kesan pertama apa yang orang lain dapatkan ketika melihat kita dan sebagainya. 

Pasti Teman – teman memiliki media sosial dong yakan ? Media sosial (medsos) adalah cara yang paling mudah untuk mencari tahu tentang seseorang, lewat profil medsosnya bisa terlihat bagaimana karakter orang tersebut. Apakah seseorang yang suka dengan hal yang informatif (sering membagikan informasi), suka dengan humor atau komedi, pemerhati masalah politik, atau bahkan sering turut serta menyebarkan berita hoax.


Berikut ini adalah cara untuk memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan personal branding-mu :

1. Mulai dengan Audit 

Sering dengar istilah “who am I” gak temen – temen ? jadi Sebelum kita mulai menyusun strategi untuk membangun personal branding, ada baiknya kita untuk mencari tahu terlebih dulu tentang bagaimana ‘brand’ kita saat ini. Kita bisa mencari tau lewat teman terdekat kita , misalnya kita dikenal sebagai julukan “tukang masak” maka itulah yang akan membuat orang yang bertemu kita akan tau apa “brand” kita. 


2. Jadi diri sendiri 

Ingin terlihat seperti apa nantinya, kita harus meyakinkan diri sendiri. Yang paling utama adalah menjadi diri sendiri, seperti misalnya kita tidak mengikuti apa yang orang lain lakukan atau hanya sekdar tertarik dengan apa yang dimiliki / keahlian orang lain , pilihlah bagian yang kita suka dan tidak suka, tidak bergantung dengan orang lain.


3. Mengetahui Tujuan yang akan dicapai

Apa tujuan yang ingin kita capai, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan profesional atau karier. Setelah kita mengetahui apa tujuannya, saatnya untuk mengembangkan cara untuk bisa memperolehnya. Bisa dengan mengubah cara berpakaian, cara berjalan, gaya bicara, lingkup pergaulan dan semua yang dapat menunjukkan brand kita tersebut.

Nah jadi itu tips nya temen – temen , pastikan dulu ya kalau kita sudah mengetahui keahlian kita apa seperti misalnya ingin menjadi penulis , maka kalian harus mengembangkan keahlian kalian tersebut , Semoga Bermanfaat !  


Happy Reading ~

#personalbranding




0 comments:

Posting Komentar