Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Cara Berdagang Ala Rasullullah SAW

Leave a Comment
Hei Kawan-Kawan,,,!!! Eh Kita Kawan Gak Sih??? 
Yaaa Kawanlah Kok Cemana Pulak!!!


Jangan Malu Berdagang!!! 

Dari Rafi’ bin Khadij ia berkata, ada yang bertanaya kepada nabi : “Wahai Rasullullah, pekerjaan apa yang paling baik? Rasullullah menjawab : “pekerjaan yang dilakukan seseorang dengan tangannya dan juga setiap perdagangan yang mabrur (baik)”. (HR. Al Baihaqi dalam Al Kubra 5/263)

Banyak yang ingin buka usaha tapi modal gak ada, begitu sebaliknya ada yang punya modal tapi bingung mau buka usaha yang bagaimana. Hehe bener gak sih??? 

Tapi sebelum memulai usaha, alangkah baiknya kamu harus mempersiapkan beberapa hal yang penting seperti yang dibawah ini ya sob :

1. Pastikan bisnis yang didirikan
Jika bisnis kamu sudah pasti yang mana akan kamu pilih maka akan mudah untuk kamu lakukan. Bisnis itu tak harus selalu dengan  bidang ilmu yang kamu tekuni akan lebih bagus dengan pengalaman hidup. Karena kamu akan lebih mudah untuk melakukannya dan mudah mencari solusi ketika mengahadapi kendala.

2. Tentukan visi & misi 
Ini penting untuk dilakukan supaya kamu paham betul apa yang menjadi kelebihan bisnis kamu dibanding bisnis orang lain. Kamu pasti lebih paham apa yang akan kamu katakan jika seseorang bertanya kelebihan bisnis kamu dengan visi misi juga memudahkan kamu untuk melakukan marketing atau promosi nantinya.

3. Melakukan survey 
Kamu harus melakukan survey terlebih dahulu seperti survey lokasi, survey konsumen, survey harga, dan lainnya. Dengan melakukan survey kamu akan lebih mudah dalam menjalankan usahamu.

4. Menyiapkan Modal
Kamu harus melakukan crosscheck (pemeriksaan kembali)  antara modal yang kamu miliki dengan bisnis yang akan kamu jalankan.  Mengapa? Alasannya adalah kamu harus menyiapkan modal dengan sempurna, melakukan pengadaan uang fisik, menyiapkan uang yang siap untuk dilakukan  transaksi, dan lainnya.

5. Memulai Bisnis
Setelah point di atas terpenuhi, kamu bisa langsung beraksi untuk melakukan kegiatan berikutnya, dan membeli peralatan demi menunjang kegiatan bisnis anda.

6. Cata Pengeluaran Saat Memulai Maupun Bisnis Sedang Berjalan


Berdagang yang baik gimana sih? Pengen tau gak?

Nih kita beri tau tips berdagang yang baik ala Rasullullah versi Kumparan WOMAN :
Bersikap Jujur
Jangan mengurangi takaran, selalu menyampaikan kebenaran dari barang dagangannya.
HR. Tirmidzi, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya para pedagang (pengusaha) akan dibangkitkan pada hari kiamat sebagai para penjahat kecuali pedagang yang bertakwa kepada Allah, berbuat baik dan jujur.”

Menjual Dagangan Dengan kualitas Bagus
Rasullullah selalu menjaga kualitas barang dagangannya agar tidak merugikan para pembeli, Uqbah bin Amir pernah mendengar Rasulullah berkata, “seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain, tidak halal bagi seorang muslim untuk menjual barang yang ada cacatnya kepada temannya, kecuali jika dia jelaskan. (HR. Ibn Majah)

Ambil Keuntungan Sewajarnya
Jujur ketika ditanya pembeli. Sebab, cara berdagang Rasulullah tidak hanya semata untuk materi, tapi juga untuk mendapat berkah Allah SWT.

Tidak Putus Asa
Seorang pedagang tidak akan berhasil jika mudah putus asa. Perlu diingat, dalam setiap usaha selalu membutuhkan proses. Apalagi dalam perjalanannya, beberapa hambatan bisa saja menghadang kita. “...Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah kaum yang kafir.” (QS. Yusuf: 87)


Gimana? Masih malu untuk berdagang? Atau kamu memang sudah berdagang!!! 😀
jawabnya di kolom komentar aja kawan hehe 

Sapi disembelih berlumur darah,
Potong dagingnya di hari Qurban,
Mohon maaf segala salah,
Juga khilaf mohon dimaafkan. 😊

#BisnisDalamIslam

0 comments:

Posting Komentar