Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Strategi Personal Branding di Media Sosial

Leave a Comment
Hei Kawan-Kawan,,,!!! Eh Kita Kawan Gak Sih??? 
Yaaa Kawanlah Kok Cemana Pulak!!!

Pernah denger gak kata personal branding itu apa?

Apa yang kamu ketahui tentang personal branding???

Personal adalah yang bersifat nilai kepribadian yang dimiliki oleh perorangan 
sedangkan brand adalah logo ataupun symbol yang di butuhkan, jadi singkatnya branding adalah sebagai kekuatan yang ada untuk menjadikan kamu lebih mudah untuk dikenal banyak orang.
Bagaimana? kamu sudah dapat menyimpulkan personal branding belum? ๐Ÿ˜€

Personal branding bermanfaat loh buat kita, mau tau manfaatnya? 

1. Kredibiltas Kamu Akan Meningkat
Jika kamu mampu melakukkan sesuai skil yang ada pada dirimu dan mengatakannya pada orang lain, dan mampu berjanji pada audiens sesuai dengan personal brand kalian, maka perlahan-lahan  kredibilitas kamu akan meningkat

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Rasa percaya dirimu akan meningkat secara perlahan karena kamu terus berusaha meningkat personal brandingmu, dengan kata lain kamu berusaha untuk menjadi lebih baik.

3. Kamu Akan Berinilai Lebih Tinggi
Kalau kamu sudah memiliki personal branding yang di percayai banyak orang, nilai jual kamu akan ikut meroket. Misalkan, kamu ingin menawarkan jasa atau keahlian secara individu, kamu akan bisa mematokkan harga sesuai dengan branding yang kamu punya.

4. Memperluas Jaringan
Semakin luas jaringan kamu, semakin besar pula kamu untuk mendapatkan kesempatan-kesemptan emas untuk mendapatkan project sesuai dengan skil yang kalian tonjolkan.

5. Lebih Mudah Untuk Menarik Target Audiens
Untuk menarik perhatian semua target memang tidaklah mudah ada yang suka namun ada pula yang tidak suka, itu hal yang wajar kawan. Namun, kamu akan lebih mudah untuk mengetahui target mana yang akan membutuhkanmu

Dilansir dari : https://shiq4.wordpress.com/2017/10/04/manfaat-penting-personal-branding/

Nah sudah taukan beberapa manfaat personal branding kawan, tapi kamu tau tidak bagaimana cara memperkenalkan personal branding melalui media sosial??

Banyak yang beranggapan bahwa memposting segala kegiatan di media sosial adalah sebagai pencitraan, sependapat gak??? Apakah kamu pernah berfikir kalau itu bisa dijadikan sebagai strategi untuk menciptakan branding pada dirimu.

Dengan memposting segala kegiatanmu dan keahlian yang ada pada dirimu, kamu akan lebih mudah untuk diingat banyak orang.

Hampir semua jenis platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twtter, YouTube, dan LinkedIn dapat digunakan untuk menciptkan personal branding, kalau kamu pakai media sosial yang mana kawan??? ๐Ÿ˜€

Mau tau bagaimana strategi yang baik untuk personal branding di media sosial??

Kita ada beberapa tips buat kalian yang ingin membangun personal branding di media sosial kalian, caranya gampang banget :

1. Menggunakan Nama Akun  Yang Sama di Media Sosial
Dengan menggunakan nama akun yang sama maka pegguna media sosial akan lebih mudah untuk mencari tau tentang kamu kawan dan jangan lupa untuk menambahkan informasi dan foto asli kamu ya kawan ๐Ÿ˜€

2. Memperbaharui Profil Sosial Secara Berkala
Dengan melakukan update profil sosial media secara berkala, kamu juga membuat yakin orang lain bahwa akun yang kamu kelola adalah benar-benar brand kamu sendiri dan bukan dikelola oleh pihak lain.

3. Temukan dan Posting Konten Sesuai Passion
Semakin sering dan banyak konten yang kamu posting, semakin banyak pula orang yang akan mengenal kamu kawan. Tapi kamu harus posting sesuai dengan passion kamu ya karena akan lebih mudah untuk meyakinkan para audiensmu seperti apa karaktermu.

4. Bergabung Dalam Group Atau Komunitas
Bergabunglah dengan komunitas yang memiliki karakter atau passion yang sama dengan kamu, karena dengan ini wawasan kamu akan bertambah dan memperluas jaringan juga. Lakukan sesekali sapaan pada group atau komunitas “say hello” besar kemungkinan mereka akan memperhatikan profilmu dan akan merekomendasikan pada orang lain.

5. Pilih Media yang Tepat
Pastikan kamu sudah mengetahui passion kamu dimana dan pilih media yang cocok untuk membangun brand kamu. Misalnya kamu seorang fotografer, maka media yang cocok untuk kamu adalah Instagram dan Tumbler. Beberapa media lain, seperti Twitter dan Blog juga berguna untuk melakukan promosi dan hasil-hasil foto yang telah diunggah ke Instagram.

6. Ikuti Aku yang Bermanfaat
Mengikuti akun-akun yang bermanfaat yang sesuai dengan karakteristik kamu pasti akan menambah wawasan dan akan mendukung personal statement kamu. Misalkan kamu suka fotografer ikutilah akun yang bersangkutan dengan fotografer, kamu suka menulis kamu harus mengikuti akun penulis dan sebagainya.

7. Minta Testimoni Pada Orang
Dalam penggunaan sosial, kamu dapat meminta testimoni skill dari orang-orang yang kenal mengenali kamu dan terhubung satu sama lain. Testimoni ini bisa ditambahkan di bagian profil. Testimoni tersebut bisa menjadi referensi yang dapat dibaca koneksi maupun orang lain yang mengunjungi LinkedIn kamu, sehingga memberi kepercayaan terhadap diri kamu.

Dilansir dari :https://winstarlink.com/cara-membangun-personal-branding-di-media-sosial/

Jadi personal branding itu sangat penting ya kawan, mulailah dari sekarang untuk membangun brand dan tekuni passion yang kamu miliki. Dengan memiliki personal branding yang kuat kamu akan menjdi orang berpengaruh bagi sekelilingmu. 

Manfaatkan media sosial yang kamu miliki untuk mencerminkan siapa kamu, lakukan hal yang positif untuk menarik perhatian audiens yang kamu tuju.

#PersonalBranding

IAM

0 comments:

Posting Komentar