Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Belajar Dengan Mandiri

Leave a Comment

 Hei Kawan-Kawan,,,!!! Eh Kita Kawan Gak Sih??? 

Yaaa Kawanlah Kok Cemana Pulak!!!

Sebagai mahkluk sosial, kita memang selalu meminta bantuan kepada orang lain. Namun, kamu harus punya prinsip kapan saatnya kamu harus belajar mandiri dan tak bergatung kepada keputusan orang lain.

Banyak yang salah mengartikan bahwa belajar dengan mandiri, berarti harus belajar dengan sendiri. Bukan seperti itu konsepnya kawan.

Kata mandiri yang dimaksud adalah suatu sikap yang tidak bergantung terhadap keputusan orang lain dalam meyelesaikan tugas atau permasalahan yang ada.  Jadi belajar mandiri itu berarti belajar dengan cara berinisiatif, tanpa menunggu keputusan orang lain.

Seperti kamu misalnya yang saat ini berada di posisi sebagai pelajar/mahasiswa. Kamu harus bisa belajar dengan mandiri tanpa harus menunggu hasil dari sahabat karibmu. Tak selamanya kamu akan terus bergantung padanya. Cobalah dari sekarang untuk memulai belajar dengan mandiri.

Kalau kamu masih bingung bagaimana caranya untuk memulai belajar mandiri dengan baik, kita punya tips yang cocok buat kamu kawan. Mari kita simak bersama.

1. Tumbuhkan Motivasi

Coba untuk menumbuhkan motivasi pada dirimu sendiri. Kamu bisa memberikan pertanyaan serius kapada dirimu. Misalnya, untuk apa aku kuliah? kemana aku akan berlabuh, apakah aku akan bekerja apa aku membuka lowongan kerja? 

Tanyakan itu dan berilah jawaban yang positif agar kamu meyakinkan dirimu untuk dapat menggapainya.

2. Tetapkan Target

Kamu harus membuat target dalam hidup. Berapa lama kamu akan menyelesaikan jenjang pendidikanmu dan memperoleh nilai tinggi. Dengan begitu kamu akan terus fokus untuk menyelesaikannya secepat mungkin dan tidak membuang-buang waktu karena kamu telah punya target yang harus dicapai.

3. Atur Waktu

Pandailah dalam memenage waktu, kamu dapat mengikuti lembaga di kampusmu untuk mengembangkan kemampuanmu. Itu akan berdampak positif untuk perkembanganmu kalau kamu pandai dalam memanage waktu.

4. Tingkatkan Kedisiplinan

Mulailah dengan membuat daftar kegiatanmu. Di awal mungkin kamu sedikit belum terbiasa karena merasa tidak sebebas biasanya. Itulah awal untukmu dalam membuat kedisiplinan pada dirimu.

5. Jangan Bergantung Pada Teman

Jangan terlalu berharap kalau kamu akan selalu bisa dibantu oleh temanmu. Tak ada yang dapat meyakinkan kalau kamu akan terus bersama selamanya. Maka dari itu coba untuk selalu berinisati melakukanya sendiri. Walapun itu salah, itu akan jadi pembelajaran bagimu.

6. Sering Berlatih soal

Jangan pernah bosan untuk belajar, terus mengulang soal yang diberikan. Lebih baik lagi kalau kamu juga dapat membuat soal dan mengerjakannya sendiri.

7. Rajin Berdiskusi

Seringnya kamu berdiskusi, maka kamu akan terbiasa untuk selalu memberikan wawasan yang kamu punya kepada orang lain. kalian juga akan menambah wawasan terhdapa lawan bicara kalian. 

selengkapnya disini

Belajar dengan mandiri akan membuat wawasan, pengetahuan, dan daya ingat yang sangat baik. Mulai sekarang berinisatiflah mengajak diri untuk belajar yang lebih baik lagi. Suatu saat kamu akan menghadapi tugas yang mestinya kamu hadapi sendiri.


#mindset


0 comments:

Posting Komentar