Blog PJK ini adalah salah satu kegiatan klub PJK. Blog ini ditujukan bagi siapapun (khususnya anggota klub PJK) yang suka/hobi menulis dan mau memulai meski belum paham. blog ini adalah salah satu kegiatan klub PJK dalam rangka persiapan karir.

Manajemen Waktu bagi Pengusaha

Leave a Comment

Sebagai seorang pengusaha kamu harus pandai dalam memanajemen waktu, lalu bagaimana caranya ? Simak artikel ini yuk !

Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pengendalian dalam melakukan tindakan yang telah tersusun dengan baik sehingga menjamin terciptanya sebuah efektifitas dan efisiensi juga produktivitas.
Jika kamu memiliki manajemen waktu yang baik maka akan mempermudah dalam berbisnis, dan memiliki peluang untuk mengerjakan tugas – tugas yang lainnya. 

Berikut ini tips untuk manajemen waktu bagi pengusaha yang perlu kamu ketahui

1. Tetapkan tujuan dengan benar
Tetapkan tujuan yang dapat dicapai dan diukur. Gunakan metode SMART saat menetapkan tujuan. Intinya, pastikan tujuan yang Anda tetapkan adalah Spesifik (Specific), Terukur (Measurable), Dapat dicapai (Attainable), Relevan (Relevant), dan Tepat waktu (Timely).

2. Prioritas dengan bijak
Prioritaskan tugas berdasarkan kepentingan dan urgensi. Misalnya, lihat tugas harian kamu dan tentukan yang mana yang harus kamu prioritaskan :
- Penting dan mendesak: Lakukan tugas ini segera.
- Penting tetapi tidak mendesak: Putuskan kapan melakukan tugas-tugas ini.
- Mendesak tetapi tidak penting: Delegasikan tugas-tugas ini jika memungkinkan.
- Tidak mendesak dan tidak penting: Sisihkan ini untuk dilakukan nanti.

3. Tetapkan batas waktu untuk menyelesaikan tugas 
Menetapkan batasan waktu untuk menyelesaikan tugas membantu kamu menjadi lebih fokus dan efisien. Melakukan upaya ekstra untuk memutuskan berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk dibagikan untuk setiap tugas juga dapat membantu kamu mengenali masalah potensial sebelum timbul. Dengan begitu kamu dapat membuat rencana untuk berurusan dengan mereka.

4. Mengambil Jeda untuk Istirahat 
Ketika melakukan banyak tugas tanpa istirahat, lebih sulit untuk tetap fokus dan termotivasi. Biarkan beberapa waktu jeda antar tugas untuk menjernihkan pikiran kamu dan menyegarkan diri, misalnya tidur sebentar, pergi berjalan-jalan pendek, atau olahraga. Setelah beristirahat, pikiran Anda juga akan lebih segar dan dapat berfikir jernih untuk mengerjakan tugas yang ada.

Jika ingin berhasil dalam berbisnis, manajemen waktu harus diperhatikan dengan baik. Mereka yang telah sukses juga memiliki waktu yang sama dengan kamu, sehingga kamu tetap memiliki kesempatan untuk berhasil. Jadi, ini bukan tentang berapa banyak waktu yang kamu miliki. Ini tentang seberapa efektif kamu mengatur waktu.


Happy Reading ~ 
#mindset 




0 comments:

Posting Komentar